27 March 2014

Prediksi Hasil Pileg 2014

Iseng-iseng ah aku mau prediksi hasil pemilu legislatif alias pilek eh pileg 2014, cukup memprediksi partai yang akan berada di lima besar aja deh. Aku sih ga mau ikut-ikutan kayak lembaga survei yang secara bombastik menyatakan PDIP akan meraih 30 persen suara karena jokowi efek.., walaupun ada juga efeknya sih dikit, itupun karena diblow up secara masif dan intensif oleh media-media nasional, tapi kayaknya ga segitunya juga kali. Tapi kemungkinan menang ada juga, namun angkanya di sekitar 18-20 persenan lah. Sementara di urutan kedua kemungkinan di raih Golkar dengan persentase antara 15-18 persen, diurutan ketiga agak-agak seru nih, PKS yang seringkali disudutkan media kayaknya sih masih stabil karena pengaruh kader-kader yang solid dan loyal. Di posisi ketiga ini PKS akan bersaing ketat dengan Partai Demokrat yang juga kemungkinan masih agak kuat dengan mesin birokrasinya serta Partai Gerindra yang diperkirakan mengalami kenaikan cukup pesat karena sosok prabowo.

Berikut daftar prediksinya:

1. PDIP sekitar 18-20 persen
2. Golkar sekitar 15-18 persen
3. PKS sekitar 8-10 persen
4. Gerindra sekitar 7-10 persen
5. Partai Demokrat sekitar 7-10 persen.

Yah itulah prediksi aku tentang partai yang akan masuk lima besar, kalau salah ya maklum aja namanya juga prediksi bukan kepastian hehehe..

No comments: